Sharing anything ...

Wednesday, April 16, 2014

Pengalaman Urus Surat Tilang



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Mumpung masih anget, mau sharing tentang ngurus surat tilang, plis jangan tanya macem2, ini pengalaman saya langsung, kalo tanya pengalaman lain saya ga tau ya, hahahaha....

Kejadiannya Senin, 17 Maret 2014, saya ketilang di wilayah Cawang (lampu merah mau ke MT Haryono dari arah Kalimalang). Dari jauh sih keliatan ada seragam ijo2 lumut seger (rompi pakpol), pede aja liwat, eh diberentiin, sambil nunjuk lampu, (apes, sabtu-minggu motor suka dipake orang rumah, jadi lampu kalo ga dipake dimatiin, padahal udah kebiasaan, saklar lampu ga pernah dimatiin).. ah...sudahlah, mau ga mau terima ditilang, males deal2an ama pakpol, (efek ga baca doa sebelum berangkat ngantor)..langsung deh ditanyain sim nya, langsung ditahan, ditulis surat tilangnya, pasal 293, tertanggal 11 April 2014 ikut sidang, ketar ketir sih ga tau caranya, tp pikiran saat itu yg ada masih kesel sama orang rumah, jd ga bisa mikir jernih, pikiran kacau, bingung aja musti ngapain, ngobrol nanya2 ama polisinya juga nggak, saking keselnya... susah emang jadi pengendara yang baik, ada aja cobaan2nya, entah dari pengendara mobil/motor seruntulan, sampe pak pol yg ngejar target untuk tilang2 orang (menurut kabar burung, bukan burungnya pak pol ya.., para pak pol, lalu lintas/kriminal/dll punya target untuk report kasus, macem sales aja deh ada targetnya).

Kembali ke permasalahan, masukin lah itu surat tilang bewarna merah (ga ambil biru, karena ga ngerti ada merah/biru) ke dompet

"sue lah, gapernah nyetir motor ugal2an, slalu patuh rambu2, gapernah (jarang bgt) trobos busway, tp ketilang gara2 lupa nyalain lampu!, ga banget deh ketilangnya, ga keren..."

Surat Tilang (Silahkan pelajarin sendiri isinya, saya juga kurang paham detailnya) - Klik utk memperbesar
note: jangan tanda tangan kalo pasalnya beda sama kesalahan yg kita lakuin


Skip skip, hampir sebulan menjelang jadwal sidang, googling cara2 sidang, dan tata caranya, nemu beberapa artikel di inet, tp ada cara lain ga harus ikut sidang, patut dicoba nih, pede aja hari H nya (Jumat, 11 April 2014) ga ikut sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

(Senin, 14 April 2014) langsung aja pede ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, lokasi deket LP Cipinang, setelah LP Cipinang (dari arah buaran ke arah ke jatinegara), pas didepan ada lampu merah, belok kiri tp jangan masuk ke jalur yg mau ke D.I Panjaitan (by pass/ bay pas kalo kata2 supir angkot), tp masuk belokan kiri yg satu lagi.. pas udah masuk belokan kiri itu, lurus aja, 100meteran ada belokan ke kanan, masuk deh jalan itu, ada plang nya dari kayu "urus surat tilang" kalo ga salah gitu tulisannya, langsung masuk ke parkiran kecil yg muat 6-7 motor, pas banget itu sebelah kanannya ada loket urus surat tilang.. (ada 2 loket, loket pertama untuk ngasih surat tilang, loket kedua untuk ambil berkas/SIM/STNK yang ditahan). Sebelah kiri parkiran ada warung kopi, bisa ngeteh, ngopi, jajan gorengan, btw pisang gorengnya enak, manisnya pas..

Cara ngurusnya:
- ke loket 1, serahin surat tilang, (kalo ga ada orangnya taro aj di loket itu, nanti kalo udah ada orgnya dia bakal manggil dgn cara ngetok2 loket pake kartu antrian.
- udah dapet antrian tinggal tunggu dipanggil deh
- kalo udah dipanggil sama loket 2, tinggal samperin, nanti dia nanya: "SIM atas nama sodara ...., jumlahnya 40rb".. kasih duitnya, SIM balik deh.

Kelar udah urus surat tilang di Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Saya sampe di lokasi jam 08.30, selesai 08.45.

SIM nya jadi banyak stapless-an

Kesimpulan saya, berdasar pengalaman saya mengenai urus tilang :

- Cek pasalnya, kadang2 suka ada polisi nakal, nulis pasalnya suka dilainin, bagusnya sih mulai skrg harus sekedar tau pasal2 lalu lintas, buru2 googling deh ada kok ttg pasal2, daripada pakpol nya nakal, yg ada bayar denda kita jadi mahal gara2 pasalnya beda.

- Daripada ke pengadilan negeri, ngantrinya lama, belom banyak godaan calo, beuh itu lautan manusia deh, bejubel yg mau ikut sidang. Mending urus di kejaksaan negeri, simple, kaya bayar listrik, taro surat tilang - ambil antrian - tunggu - bayar.

- Dateng aja pas 08.30, walopun kayanya mereka udah buka dari jam 8, jd pada naro surat tilang dulu biar dpt antrian awal (saya jam 08.30 teng di lokasi, dpt antrian 30sekian, padahal orangnya dikit yg ngantri).

- Begitu udah dpt antrian, tunggu aja di warung kopi, mereka panggil pake toa kok, jd kedengeran, atau nunggu di kursi paling kanan, biar ga kepanasan (kursi kiri kejemur matahari).

- Siapin uang recehan, mereka suka ga ada kembalian, mau ga mau kita harus nuker cari recehan sendiri.

- Info dari yg udah2 sih surat tilang ga diurus2 sampe lama masih bisa diambil di kejaksaan negeri, cuma kemungkinan bisa dimahalin ama si org dalam loket, soalnya nyari berkasnya agak susah karena berkas lama, enaknya sih urus surat tilang pas masih anget2 tai ayam.

- kalo ketilang di wilayah A, situ harus ikut sidang di pengadilan negeri wilayah A, ga bisa di wilayah B,C atau D. Begitupun kalo ga ikut sidang, berkas (SIM/STNK yg ditahan) bisa diambil di kejaksaan negeri wilayah situ ketilang, sama kasusnya, ketilang di wilayah A,... ga hadir sidang, ambil berkas tetap di kejaksaan wilayah A.

Jadwal Loket tilang Kejaksaan Negeri Jakarta Timur:
- Senin - Jumat 08.30 -15.00
- Istirahat 12.00 - 13.30
- Hari Jumat istirahat 11.30 - 13.30

Sekian sharingnya, semoga bermanfaat, ga usah takut lagi kena tilang, urusnya gampang kok... kasus yg saya alami cuman lupa menyalakan lampu, utk kasus lain cek pasalnya kena brapa dendanya, kalo masalah ngurusnya kemungkinan kurang lebih sama, cuma beda nominal dendanya aja, kmaren ada jg org yg kena tilang mobil karena terobos busway, udah 4 bulan ga diurus mungkin doi ngumpulin duit buat bayar dendanya, yg denger2 kan sejuta tuh, tp saya ga nanya lebih, bayarnya berapa, ga enak nanyanya, tp sim nya dia bisa diambil tuh, walopun lewat 4 bulan..hehehehe...

Inget ya ini per 2014, gak tau kalo skrg, apa ada perubahan birokrasi atau apa gitu..

sekian semoga bermanfaat.



9 comments:

  1. Nice mas bro, lengkap ;) Saya belum baca lengkap, tapi oke banget buat berbagi ...
    Pembeciraan dalam hatinya mirip seperti yang saya rasakan ha3x ...
    Salam berbagi ;p, thx sering mampir ke blog ane, sekarang giliran ane mampir ...

    ReplyDelete
  2. waah ceritanya mantap mas. saya september kemarin ketilang nerobos busway di raden inten, ga ikut sidang, tapi langsung ke kejaksaan negeri jaktim. digetok langsung 150 ribu. hahaha. itu motor, apalagi mobil yaa. nice post mas. mantap

    ReplyDelete
  3. mantep mas postingannya.

    soalnya saya juga lagi nyari bahan nih abis saya ditilang juga mas dan nggak ikut di pengadilan, pengen tau caranya ngambil di kejaksaan.

    thank you :D

    ReplyDelete
  4. Kalau stnk ditahan ngambilnya dmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditilangnya dimana? kalo ditilang di daerah Jakarta Timur, ya ngambilnya di Pengadilan atau Kejaksaan Jakarta Timur

      Delete